Sering Menabrak Kaca Frameless Bikin Keki? Gunakan Dengan Tiga Cara Ini!

Material kaca banyak dijadikan material favorit pada struktur bangunan. Baik bangunan pribadi maupun bangunan komersil. Karena sifatnya yang reflektif, bisa tembus pandang dan mensyaraktan elegan, kaca banyak dijadikan material pada bangunan perkantoran dan pusat perbelanjaan. Selain terlihat simpel, kaca juga bisa memberikan kesan yang mewah dan menawan. Seiring dengan banyaknya ragam jenis kaca dan faktor ketahanan serta keamanan terdapat satu jenis kaca yang sering kali diunggulkan karena beberapa sifatnya. Seperti tahan benturan, resistansi tinggi terhadap perubahan suhu serta jika berkemungkinan pecah maka pecahannnya tidak akan melukai. Jenis kaca ini adalah kaca tempered yang banyak digunakan sebagai partisi, dinding luar dan kanopi serta pintu. Untuk membuat tampilannya semakin menari, kaca tempered didesain dalam bentuk frameless atau tanpa daun pintu. Maka dari itu harga pintu kaca frameless juga bersaing karena kualitasnya yang diacungi jempol.

Kaca Frameless

Namun sering kali jenis kaca frameless membuat kesal pengunjung atau bahkan staf di kantor itu sendiri. Karena material kaca yang bening dan tembus pandang, bagi orang-orang baru dan yang belum terbiasa mereka bisa terjebak dalam hal memalukan seperti menabrak kaca frameless yang dijadikan partisi, dinding atau pun pintu. Tidak seperi kanopi kaca yang memerlukan rangka, kaca frameless pada pintu dan dinding sering kali tidak bisa dideteksi karena tidak memiliki rangka. Seolah ruangan masih menyatu tanpa sekat. Untuk mengurangi kemungkinan orang-orang menabrak kaca frameless Anda bisa lakukan dengan beberapa cara seperti berikut ini.

Sticker Sandblast

Kaca frameless pada umumnya memang bening dan tembus pandang. Hal inilah yang sering kali dijadikan alasan dan keunggulan kaca untuk memberikan sifat elegan. Namun tetap harus bisa menjaga privasi, terutama untuk keperluan kantor seperti ruang meeting. Untuk itu kaca frameless juga bisa ditambahkan sticker sandblast dengan motif vertikal, horizontal atau motif tertentu untuk memberikan ruang privasi serta untuk menunjukkan keberadaan kaca frameless sebagai dinding, partisi atau pun pintu. Hal ini sangat berguna untuk menghindari kejadian memalukan karena menabrak kaca frameless. Tentunya Anda harus mengeluarkan biaya tambahan untuk sticker sandblast ini. Sehingga jika dihitung-hitung memang harga pintu kaca frameless terbilang relatif tinggi dibanding jenis pintu pada umumnya. Namun sebanding dengan fungsinya, bukan?

sticker sandblast

Film Pelindung

Bagi Anda yang ingin memberikan privasi dan peringatan bahwa terdapat kaca frameless yang digunakan di sekitar ruangan, namun menghindari motif yang mencolok dari sticker sandblast atau pun rangka metal seperti pada kanopi kaca namun beresiko mengurangi nilai estetis, maka Anda bisa gunakan film pelindung. Film pelindung bisa menghalangi sebagian kaca frameless pada bagian yang Anda inginkan. Sehingga tidak harus full Anda menutup kaca frameless dengan film pelindung. Bahkan dengan memberikan list beberapa senti meter sudah cukup untuk menunjukkan bahwa terdapat penyekat dari kaca frameless. Film pelindung bisa menjadi penanda sehingga orang-orang tidak akan terkecoh oleh beningnya kaca frameless yang digunakan di ruangan tersebut.

Penanaman Sensor LED

Light Emitting Diode, rangkaian elektronika bisa Anda sematkan ke dalam kaca frameless yang Anda gunakan. Penanaman LED ini bisa membuat kaca frameless memiliki warna dengan ragam yang unik menyala untuk memperingati pengunjung dan staff mengenai keberadaan kaca frameless. Berbeda dengan dua cara sebelumnya, penanaman LED bisa menambah nilai seni yang tinggi serta memberikan kesan modern dan futuristik yang kental terhadap bangunan. Selain fungsi dan keamanan, harga pintu kaca frameless yang bersaing akan sebanding dengan kualitas dan kesan yang diberikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *