Sejarah Singkat Kaca Tempered, Inilah Asal Muasal Awal Kehadirannya!!

Sejarah Kaca Tempered – Penggunaan kaca tempered di era modern ini tampaknya sangat dibutuhkan dalam setiap keperluan kontruksi bangunan. Bahkan hampir setiap hunian minimalis dan gedung-gedung mewah tidak terlepas dari penggunaan kaca tempered yang banyak mendominasi. Biasanya penggunaan kaca tempered dengan ukuran 8mm dan 10mm akan banyak digunakan sebagai pembatas ruangan atau pintu dan jendela kaca. Terlepas dari kualitasnya yang sangat baik, harga kaca tempered 8mm dan 10mm selalu ditawarkan dengan besaran yang berbeda di setiap toko. Anda pun harus bijak memilih kualitas dan harga yang pas agar tidak mengalami kerugian.

Kaca Tempered

Kepopulerannya saat ini tentu saja mengundang banyak asumsi tentang siapa dan bagaimana jenis kaca ini bisa ditemukan. Berbagai bukti sejarah yang ditemukan pun akhirnya mengundang banyak isu dan versi yang berbeda. Menariknya, kaca tempered ternyata sudah terbukti memiliki kualitas ketahanan yang sangat baik sejak awal mula ditemukan. Tak heran harga kaca tempered 8mm, 10mm, dan 12mm saat ini sering ditawarkan oleh para penjual dengan harga yang cukup tinggi.

Inilah Sejarah Singkat Hadirnya Kaca Tempered

Belum banyak orang ketahui, ternyata kaca tempered yang biasa digunakan dalam material kontruksi maupun interior memiliki sejarah tersendiri yang menarik untuk dibahas. Meskipun sejarah asal muasalnya mengundang isu serta versi yang berbeda, namun simaklah beberapa sejarah singkat berikut yang bisa Anda pertimbangkan sendiri versi mana yang tepat sebagai asal muasal hadirnya kaca tempered. Yuk langsung saja simak penjelasannya berikut ini:

1. Isu Bahwa Kaca Tempered Sudah Ada Sejak Ratusan Tahun Lalu

Menurut isu yang beredar, kaca tempered ternyata sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Percaya atau tidak, hal tersebut telah mengundang banyak kontraversi. Pasalnya isu tersebut diperkuat dengan adanya penemuan berupa kaca tempered yang banyak diaplikasikan pada beberapa aspek interior. Meskipun tidak ada bukti lainnya yang mendukung, namun dipercaya penemuan tersebut berasal dari kehidupan beratus-ratus tahun yang lalu.

2. Kaca Tempered Mulai Hadir Pada Abad Ke-17

Pada abad ke-17 ini diyakini sebagai masa di mana kaca tempered pertama kali ditemukan. Meskipun pada waktu itu belum banyak orang yang mengapresiasi kekuatan kaca tempered yang memiliki struktur tebal, namun kabarnya bukti sejarah mengungkapkan bahwa salah satu pengeran yang bernama Rupert berhasil melelehkan kaca yang kemudian dimasukan ke dalam air dingin hingga tampak tetasan kaca berupa butiran. Hal inilah yang membuat banyak orang yakin bahwa kaca tempered benar-benar ditemukan pada abad ke-17.

3. Kaca Tempered Pertama Kali Ditemukan Oleh Francis De La Bastie

Selain pada abad ke-17, terdapat bukti sejarah lain yang mengungkapkan bahwa jenis kaca ini awal ditemukan oleh seorang ahli kimia bernama Francis De La Bastie. Ia berhasil melakukan berbagai macam uji coba seperti pemanasan, pendinginan dan uji coba lainnya hingga mendapat kesimpulan bahwa kaca tempered memiliki ketahan yang sangat baik dibandingan jenis kaca lainnya. Tak heran jika di zaman modern ini, terkadang harga kaca tempered 8mm terpasang pada berbagai aspek interior dibanderol dengan cukup tinggi, mengingat kualiatasnya memang sudah teruji sejak bertahun-tahun yang lalu.

4. Hak Paten Dimiliki Oleh Rudolf Seiden Sebagai Penemu Kaca Tempered

Meskipun nama Francis De La Bastie sering disebut sebagai orang pertama yang menemukan kaca tempered, namun hak paten penemunya resmi dimiliki oleh seorang ahli kimia yang berasal dari Austria yaitu Rudolf Seiden. Rudolf yang juga seorang ahli kimia berhasil melakukan beberapa eksperimen hingga terbentuklah struktur kaca tebal yang memiliki ketahanan baik, yang sekarang dikenal dengan kaca tempered.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *