Keunikan Interior Khas Asia Yang Membuat Terpukau Ketika Melihat

Keunikan Interior Khas Asia

Rumah yang nyaman tentu akan membuat penghuninya menjadi betah tinggal berlama – lama di dalamnya. Berbagai upaya dilakukan agar mendapatkan hunian yang nyaman. Misalnya mendesain interior rumah sebaik mungkin dengan memasang kanopi kaca minimalis di bagian depan rumah, menurut standar yang sesuai keinginan pemilik rumah.

Semakin majunya zaman, maka banyak sekali desain interior yang mulai berkembang seperti desain dari Asia ini. Desain Asia sendiri merupakan perpaduan dari negara bagian timur antara lain seperti Jepang, Thailand, Cina, Korea, Persia dan juga Vietnam. Ada beberapa ciri khas tersendiri dari desain Asia yang perlu diketahui sebelum Anda aplikasikan pada rumah, antara lain :

Pemakaian Warna

Warna dalam interior khas Asia berbeda – beda untuk setiap negara. Pada negara Jepang lebih mengusung tema alam dan menyenangi warna – warna yang netral seperti abu – abu atau coklat. Sedangkan Cina lebih cenderung menggunakan warna lebih berani, seperti merah yang melambangkan keberuntungan.

Pemakaian Furniture

Pada desain khas Asia biasanya memanfaatkan furniture yang multifungsi alias dapat memiliki berbagai kegunaan. Seperti contohnya penggunaan karpet selain dapat berfungsi sebagai hiasan lantai, juga bisa sebagai alas tempat duduk. Furniture yang multifungsi ini dipakai karena dapat menghemat lebih banyak ruang, sehingga ruangan akan kelihatan luas.

Pemakaian Tanaman Hias

Ciri khas dari keunikan desain Asia dapat dilihat dari pemakaian tanaman hias yang sering diletakkan pada interior rumah. Biasanya tanaman ditanam dalam sebuah pot dan diletakkan pada sudut ruangan. Selain menambah nilai eksotis, tanaman juga bisa membuat siapapun yang melihatnya menjadi lebih bersemangat. Tanaman hias yang sering digunakan adalah bambu Cina atau bonsai Jepang.

Model Jendela

Desain jendela yang diusung pada interior Asia memiliki bentuk lebih sederhana, dibandingkan model jendela negara Barat. Jendela dapat terbuat dari bahan kertas dan kayu seperti pada rumah Jepang, dengan bentuk yang sangat sederhana. Apabila Anda ingin membuat peneduh di bagian teras, dapat membuat kanopi kaca tempered dengan menggunakan rangka dari kayu.

Pemakaian Unsur dari Air

Untuk desain khas Asia mempercayai bahwa alam dapat memberikan pengaruh  yang cukup penting, seperti suara gemericik air dengan cara membuat kolam ikan dan dihiasi air terjun berukuran kecil yang mengalir. Air dipercaya dapat memberikan ketenangan batin, karena membuat pikiran lebih dekat dengan alam.

Pemakaian Dekorasi

Desain yang menekankan nilai tradisional, tapi tetap terlihat eksotis merupakan ciri khas dari desain interior Asia. Supaya ruangan lebih keluar aura Asianya, maka perlu ditambah hiasan atau dekorasi seperti guci, lukisan, bunga dan hiasan lainnya yang memunculkan nilai oriental. Akan tetapi, usahakan jangan terlalu banyak memasang hiasan karena dapat membuat ruangan menjadi berantakan dan terlihat lebih sesak.

Jika Anda ingin memakai gorden atau taplak meja, maka bisa memilih kain yang berbahan sutra dengan warna yang terang seperti emas atau merah. Akan tetapi, jangan lupa untuk disesuikan dengan konsep pada ruangan pada rumah supaya dapat terlihat lebih elegan. Disamping itu, ketika ingin memasang kanopi kaca minimalis di bagian depan rumah, sebaiknya perhatikan juga bahan yang Anda pilih agar sesuai dengan desain ala Asia.

Banyak masyarkat yang suka dengan desain interior khas Asia, karena memiliki keseimbangan serta keharmonisan jika dipadukan dengan jenis desain pada rumah. Selain itu, menggunakan desain interior khas Asia juga bisa memberikan kenyamanan di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *