Ini Dia Tips Memasang Pintu Geser yang Sesuai dengan Nilai Etika dan Estetika

Pintu geser merupakan jenis pintu yang berasal dari Tiongkok tepatnya pada abad empat sebelum Masehi, yang kemudian menyebar ke Eropa dan mulai digunakan oleh masyarakat Pompeii, Romawi sejak abad pertama Masehi. Kesan dan keunikan dari pintu ini membuatnya digemari banyak orang, mereka menganggap pintu ini sangat cocok untuk menghangatkan suasana keluarga dalam rumah, khususnya bagi mereka yang sering kumpul bersama. Selain itu, terdapat juga desain pintu geser yang lain seperti pintu geser kaca, kayu, kaca buram, dan lain-lain. Oleh karena itu, artikel kali ini akan membahas mengenai tips-tips bagi Anda yang berencana memasang pintu geser.

Pintu Geser

Memasang Pintu Geser dengan Nilai Etika dan Estetika

Memasang pintu jenis geser tidak bisa disamakan dengan memasang pintu biasa pada umumnya, jika Anda tidak melakukannya dengan baik dan benar maka akan sangat berpengaruh pada keamanan, kenyamanan, dan keindahan aspek interior suatu ruangan. Mengingat  nilai etika dan estetika sangatlah penting khususnya dalam dunia interior, maka berikut ini adalah beberapa hal yang harus dilakukan dalam pemasangan pintu geser. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Pilih Jenis Pintu Geser yang Berkualitas dan Aman

Selain nilai keindahan, keamanan juga perlu diperhatikan. Safety untuk keluarga juga termasuk dalam nilai etika, bayangkan jika ada anggota keluarga yang tersandung oleh roda pintu geser hingga mengalami bengkak misalnya, tentu saja itu tidak baik dan bertentangan dengan nilai-nilai etika, bukan? Sebagai solusi permasalahan tadi, Anda bisa membuat pintu geser dengan roda ditempatkan di bagian atas, bukan di bawah. Yang perlu diingat, sesuaikanlah pilihan pintu geser dengan budget yang dimiliki. Karena yang mahal pun belum tentu memiliki kualitas tinggi.

2. Teknik Memasang Pintu Geser

Bagi Anda yang merasa awam dalam hal instalasi pintu geser, ada beberapa tahapan untuk memasangnya. Dan tahapan-tahapan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Semua Sisi Pintu Geser Harus Dipresisikan

Pintu geser yang kurang baik dan tidak sesuai dengan nilai estetika biasanya tidak akan bertahan lama, karena orang menjadi bosan dan malas untuk merawatnya. Berbeda apabila Anda melakukan presisi atau penghitungan terlebih dahulu, selain menekan budget yang dibutuhkan, pintu presisi juga meningkatkan keamanan dan kenyamanan.

  • Pasang Roda untuk Pintu Geser dengan Cermat

Seperti yang dijelaskan di awal pembahasan, yaitu dari segi keamanan sekaligus nilai-nilai etika dan estetika, bahwa jika kita khawatir dengan seorang keluarga yang tersandung dengan roda itu, maka solusi yang terbaik adalah rodanya ditaruh di bagian atas, dengan begitu orang-orang  tidak khawatir lagi akan tersandung.

  • Memasang Rel untuk Pintu Geser

Jangan lupa untuk memasang pengunci antara roda dan rel agar pintu geser tidak jatuh, terutama bagi yang hendak memasang roda di bagian atas dan juga yang menggunakan pintu geser kaca dari Vertuglass, semuanya harus ekstra hati-hati. Jika sampai terjatuh, pintu geser bisa langsung rusak dan pecah. Bagian tubuh Anda yang tertimpa pun akan merasa sakit dan terluka.

  • Lakukan Pengecekan Pada Pintu Geser

Pada tahap ini dimana Anda sudah merampungkan pemasang pintu geser, maka lakukanlah pengecekan terlebih dahulu. Apakah pengunci atau penopang dari pintu geser ini layak untuk digunakan dalam jangka waktu panjang. Lakukan pengecekan dengan cara membuka tutup pintu geser berulang kali. Khusus untuk pintu kaca geser lakukanlah pengecekan secara perlahan untuk menghindari terjadinya retakan, apalagi jika menggunakan kaca tempered.

Itulah tadi beberapa tips dalam memasang pintu geser, misalnya untuk pemasangan pintu kaca geser yang harus dilakukan secara hati-hati, semuanya tidak bisa lepas dari nilai-nilai etika dan estetika. Meliputi masalah keindahan, tata letak ruang, kenyamanan, keamanan, suasana, dan hal-hal esensial lainnya yang dibutuhkan dalam sebuah rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *